Teaching Writing Recount Text By Combining Stop With Cubing Strategy At Senior High School
Main Author: | Dona, Diyen Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9809/1/10040288%20DONA%20DIYEN%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9809/2/ABSTRAK%20-%202020-07-01T085400.415.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9809/3/CHAPTER%20IV%20%2813%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9809/4/REFERENCES%20%2832%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9809/ |
Daftar Isi:
- Menulis merupakan satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa selain keterampilan mendengar, keterampilan berbicara, keterampilan membaca. Namun, kebanyakan dari siswa mengalami kesulitan dalam menulis. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam belajar menulis, kurangnya kosakata yang dimiliki, pemahaman terhadap latar belakang topik yang mereka tulis dan keterbatasan kemampuan siswa dalam membentuk pola kalimat. Oleh karena itu, diperlukan beberapa strategi yang bisa digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya dalam pengajaran menulis. Dua diantaranya yaitu STOP strategi dan Cubing stretegi. Strategi STOP adalah strategi pertama yang bagus untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa dalam menulis teks. Dalam strategi ini guru meminta siswa menemukan ide dalam sebuah topik yaitu pengalaman pribadi siswa yang tidak terlupakan yeng terkait dengan jenis teks Recount. Kemudian guru membimbing siswa untuk menentukan pilihan dari beberapa topik yang telah ditemukan dan membimbing siswa untuk mengembangkan ide dari topik tersebut. Selanjutnya, guru membimbing siswa untuk mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah teks dengan menggunakan media berbentuk kubus yang telah diberi label. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi-strategi tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Semua siswa harus terlibat aktif dan harus menulis teks sesuai dengan tujuan serta susunan teks yang tepat dan dapat menjelaskan apa hasil tulisan mereka didepan kelas.