The Implementation Of Students Centered Learning: Problem Based Learning Approach In Teaching English At Sman 4 Padang
Main Author: | Dita, Ariresmita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9808/2/10040132%20DITA%20ARIRESMITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9808/1/ABSTRAK%20-%202020-07-01T084635.081.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9808/3/CHAPTER%20V%20%2821%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9808/4/REFERENCES%20%2833%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9808/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi dari pendekatan problem based learning yang digunakan guru dalam pengajaran Bahasa Inggris di kelas X dan XI pada SMAN 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Participant dari penelitian ini adalah guru bidang studi Bahasa Inggris yang mengajar di kelas X dan XI yang berjumlah dua orang. Guru A mengajar di kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4, XI IS 1 dan XI IS 2. Sedangkan guru B mengajar di kelas X MIA 1, X MIA 4, X MIA 5, X IS 2, XI MIA 7 dan XI IS 1. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi. Dalam melakukan observasi peneliti meneliti empat kelas dari dua belas kelas yang diajar oleh guru A dan guru B. Dua kelas dengan guru A yaitu kelas XI MIA 4 dan kelas XI MIA 1. Selanjutnya dua kelas dengan guru B yaitu kelas XI MIA 7 dan kelas X MIA 4. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan bahwa guru Bahasa Inggris di SMAN 4 Padang telah menggunakan enam langkah dalam melakukan pendekatan problem based learning. Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa semua langkah yang dilakukan oleh guru seluruhnya sesuai dengan indikator dari masing-masing urutan dalam pendekatan problem based learning. Sehingga, dapat diinterpretasikan bahwa guru bahasa Inggris di SMAN 4 Padang mampu menerapkan pendekatan problem based learning dan menyesuaikannya dengan materi diajarkan. Guru mampu memberikan masalah atau pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan kemampuan siswa. Kemudian guru juga mampu membuat siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.