Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menggunakan Directive Speech Acts dalam proses pembelajaran dikelas. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa fungsi directive speech acts didalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian descriptive. Participants dari penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMA N 13 Padang yang diambil berdasarkan purposive sampling. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan observasi field note dan melakukan pengamatan dengan merekam proses belajar mengajar yang dilakukan guru dan siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data yang menunjukan bahwa ada 6 jenis Directive Specch Acts yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yaitu Bald imperative (Command), Requestive (Embedded imperative) , Question, Requirement (Hint directive), Permissive, and Need statement. Peneliti juga menemukan fungsi Directive Speech Acts yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yaitu meminta siswa untuk melakukan sesuatu, mengetahui pemahaman siswa, mengajak siswa untuk tetap memperhatikan pelajaran, mengawasi siswa selama proses pembelajaran, permisi, permintaan, memberikan nasehat. Perintah yang banyak dilakukan oleh guru adalah Command (Bald Imperataive).