Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apa saja levels of Reading Comprehension Question yang ada di dalam buku teks bahasa Inggris siswa kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah buku bahasa Inggris siswa kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas. Buku tersebut terdiri dari 18 bab, tetapi peneliti hanya meneliti 10 bab karena hanya 10 bab yang memiliki pertanyaan reading. Total dari pertanyaan yang diteliti adalah 118 pertanyaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dokumen analisis. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan bahwa ada tiga levels of Reading Comprehension Question dalam buku bahasa Inggris siswa, yaitu Literal, Inferential dan Critical. Tetapi dalam buku tersebut level yang paling banyak digunakan adalah literal. Literal adalah level yang paling rendah di antara inferential dan critical. Sedangkan di dalam kurikulum 2013 pada KD 4.5 dikatakan bahwa level yang di minta adalah critical, yaitu level tertinggi. Buku tersebut tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Oleh karena itu, diharapkan kedepannya agar buku tersebut lebih banyak berisi critical.