Daftar Isi:
  • Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan guru dalam pengajaran menulis (writing)pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Masalah yang dihadapi guru diantaranya adalah guru jarang mengaplikasikan strategi yang efektif dalam mengajar writing.Selain itu, guru hanya mengajar dengan satu strategi. Makalah ini juga bertujuan untuk memberi masukan bagi guru-guru bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran writing sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar menulis khususnya recount text. Dalam makalah ini penulis membahas dua strategi yang dikombinasikan untuk membantu guru mengajar menulis yaitu strategi Choosing Situations dengan strategi COPS.Strategi ini mempunyai langkah-langkah yang sistematis dalam penerapannya. Di mulai dengan guru melakukan brainstorming dengan mengaktifkan pengetahuan atau pengalaman siswa. Siswa akan menceritakan kembali pengalaman yang pernah mereka alami dan menarik bagi mereka untuk diceritakan. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya guru memberikan beberapa situasi kepada siswa untuk dikembangkan sebagai latihan bagi mereka. Setelah siswa menulis, guru memandu siswa untuk memperbaiki kesalahan yang terdapat pada tulisan siswa seperti penggunaan penggunaan huruf kapital, kerapian, tanda baca, dan ejaan. Adapun kelebihan penggabungan strategi ini adalah siswa akan memiliki kemampuan menulisberdasarkan langkah-langkah yang jelas dan menarik dalam menulis sebuah teks yang benar.