Daftar Isi:
  • Berbicara merupakan suatu keahlian yang penting yang harus dipelajari oleh siswa. Sehingga, speaking dimasukkan kedalam salah satu skil yang harus dipelajari disekolah. Disamping itu, salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa adalah motivasi intrinsik. Motivasi intrinsik bisa memberikan dampak terhadap kemampuan berbicara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada atau tidak korelasi antara motivasi intrinsik dan kemampuan berbicara siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMA Negeri 5 Padang tahun ajaran 2014/2015. Ada dua jurusan di kelas 11 SMA Negeri 5 Padang, yaitu kelas IPA dan kelas IPS. Total siswa adalah 280 siswa. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan simple random sampling teknik dengan mengacak seluruh kelas 11 untuk mendapatkan sampel penelitian. Dalam penelitian ini total sampelnya adalah 42 siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan wawancara untuk melihat motivasi intrinsik siswa dan tes berbicara untuk mengukur kemampuan berbicara siswa. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan Correlation Pearson Product Moment. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan nilai dari r-hitung motivasi intrinsik adalah 0.61 (korelasi positif). untuk membuktikan hipotesis, peneliti mendapatkan hasil t-hitung lebih tinggi t-table (4.8 > 2.021), dengan level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df=n-2), maka hipotesis (H1) pada penelitian ini diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi intrinsik mempengaruhi kemampuan berbicara siswa.