Daftar Isi:
  • Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi masalah siswa dalam pengajaran writing pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu siswa sulit dalam membuat teks descriptive dengan baik karena mereka sulit menemukan ide ketika menulis. Siswa juga sulit dalam menyusun kalimat dengan berurutan. Kemudian, mereka juga mengalami kesulitan dalam menggabungkan kalimat dengan baik. Dalam makalah ini, penulis membahas bagaimana pengajaran writing melalui penggabungan PLEASE (Pick, List, Evaluate, Activate, Supply, End) Strategy dan Sentence Combining Strategy. Strategi ini dapat mempermudah guru meningkatkan keinginan siswa dalam menulis dan mempermudah siswa menyampaikan ide, pikiran, dan perasaan mereka dalam bentuk tulisan. Tujuan penggabungan dua strategi ini adalah membantu siswa dalam menulis sebuah teks descriptive. Siswa diminta untuk menentukan topik, setelah itu, siswa menulis ide-ide tentang topik, lalu mengevaluasi atau cek kembali ide-ide yang telah dibuat, selanjutnya, siswa diminta membuat kalimat topik, setelah itu membuat kalimat pendukung tentang ide-ide yang telah dibuat dan siswa diminta untuk menggunakan kalimat penghubung dan terakhir kesimpulan. Dengan demikian, penulis mengharapkan agar penggabungan strategi ini bisa memecahkan masalah siswa dalam pelajaran writing.