Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaggresifan guru dalam mengatasi tingkah laku buruk siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui keaggresifan guru yang seperti apa digunakan dalam mengatasi tingkah laku buruk siswa dalam prose pembelajaran bahasa Inggris. Lebih lanjut, penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan data diperoleh dari beberapa guru guru bahasa Inggris yang menggunakan dan mengaplikasikan keaggresifan guru. Jumlah guru yang diteliti berjumlah 4 orang di SMAN 9 Sijunjung. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi checklist, dan angket. Ketika melakukan pengamatan dengan menggunakan checklist dan catatan lapangan, peneliti melihat semua aktifitas guru dan menceklis sesuai dengan indikator dari keaggresifan guru berdasarkan tipenya sehingga peneliti mendapatkan data bagaimana mereka menggunakan keaggresifan guru dalam mengatasi tingkah laku buruk siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Observasi juga didukung dengan media video agar bisa membantu dalam pengelolaan data. Sedangkan angket yang diberikan kepada partisipan digunakan untuk melihat keaggresifan guru berdasarkan type yang di gunakan dalam mengatasi tingkah laku buruk siswa dalam proses pembelajaran bhahasa Inggris. Setelah menganalisa data yang didapat dari penggunaan instrumen tersebut, peneliti menemukan bahwa keaggresifan guru yang digunakan oleh responden adalah setiap indikator dari keaggresifan guru tersebut. Sementara, dalam mengimplementasikan setiap keaggresifan guru tersebut, partisipan memiliki berbagai macam cara dan aktivitas yang berbeda ketika pembelajaran bahasa Inggris dan pengelolaan kelas di dalam kelas. Secara umum, semua responden telah mengaplikasikan setiap keaggresifan guru berdasarkan tipe tingkah laku buruk siswa yang ditemui selama proses pembeljaran bahasa inggris dan siswa member respond dengan bagus, efektif dan kooperatif dengan adanya keaggresifan guru.