Daftar Isi:
  • Makalah ini membahas bagaimana mengajarkan speaking semenarik mungkin sehingga membuat siswa tertarik untuk berbicara bahasa Inggris dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi beberapa dari permasalahan yang ada dalam pengajaran speaking di Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan untuk menjadi masukan bagi guru-guru bahasa Inggris untuk mengajar speaking sehingga siswa termotivasi untuk belajar speaking. Penulis memperkenalkan dua strategi dalam pengajaran speaking yaitu dengan menggunakan strategi Inside Outside Circle dan strategi Community Circle. Kombinasi dari dua strategi ini saling mendukung satu sama lain. Strategi Inside Outside Circle membantu siswa lebih aktif dalam mengembangkan ide-ide mereka terhadap topik yang dibahas selama pembelajaran berlangsung. Sementara strategi Community Circle mendorong siswa untuk berlatih mengemukakan pendapat mereka dalam berbicara kepada siswa-siswa lain dengan kelompok belajar berbentuk lingkaran. Dengan menggunakan kombinasi dua strategi ini di dalam kelas speaking akan membuat siswa lebih termotivasi, punya rasa percaya diri, dan setiap mereka mendapat kesempatan untuk mengemukakan pendapat, sehingga semua siswa merasa nyaman dan santai dalam proses pembelajaran. Penulis berharap penggunaan kombinasi dua strategi ini juga dapat meningkatkan kemampuan siswa terhadap kualitas pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam hal berbicara.