Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya
Daftar Isi:
- Pengembangan LKS berbasis penemuan terbimbing ini dilatar belakangi dengan pentingnya bahan ajar dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, dimana guru sepenuhnya menjelaskan materi yang diajarkan, keterlibatan siswa masih sangat kurang, hal demikian menyebabkan siswa sulit untuk memahami konsep pada materi. Selama proses pembelajaran siswapun sudah menggunakan bahan ajar berupa LKS, namun LKS tersebut belum memfasilitasi siswa belajar aktif dan mandiri. LKS ini hanya digunakan sebagai panduan latihan dalam pembelajaran tidak digunakan untuk memahami materi, hal ini karena LKS menyajikan konsep secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan yaitu model 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define) meliputi analisis ujung depan, analisis siswa dan analisis tugas, tahap perancangan (design) meliputi kegiatan merancang LKS berbasis penemuan terbimbing, tahap pengembangan (develop) meliputi proses mengembangkan LKS dan dilakukan uji validitas oleh 3 validator, berdasarkan hasil validasi dari validator menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing ini pada kriteria valid, dengan rerata 3,21. Setelah LKS valid dilakukan uji coba praktikalitas oleh guru dan enam siswa. Hasil uji coba praktikalitas oleh guru dan enam siswa menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada kategori sangat praktis yaitu 95% dan 83,75%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi lingkaran valid dan sangat praktis.