Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah serta dalam proses pembelajaran hanya sebagian siswa yang mau mengeluarkan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian pemahaman konsep matematis siswa menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Learning Cell disertai kuis dan mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Learning Cell disertai kuis lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Teknik pengambilan sampel adalah secara acak dengan kelas sampel VIII.1 dan VIII.2. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes akhir pemahaman konsep dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes 11 = 0,7581. Teknik analisis data menggunakan uji t-satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data ketercapaian indikator menyatakan ulang sebuah konsep 100%, mengklasifikasikan objek berdasarkan sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya 51,25%, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika 39,5%, mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup sebuah konsep 34,5%, mengaplikasikan konsep atau algoritma kepemecahan masalah 75,2% dan rata-rata hasil tes akhir pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen 66,19 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 54,72. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak dengan MINITAB diperoleh P-value 0,025 lebih kecil dari α = 0,05 sehingga disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Learning Cell disertai kuis lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang.