Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Macth (ICM) Disertai Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 6 Lembah Gumanti
Main Author: | Yola, Pratama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9769/4/09050077%20YOLA%20PRATAMA_compressed.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9769/1/ABSTRAK%20-%202020-07-24T085130.500.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9769/2/KESIMPULAN%20-%202020-07-24T085214.647.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9769/3/KEPUSTAKAAN%20%2890%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9769/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa di bawah KKM serta siswa sering lupa dengan materi yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan : 1. untuk mengetahui bagaimanakah perkembangan hasil belajar matematis siswa, 2. apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Indeks Card Match (ICM) Disertai Kuis di kelas VIII SMPN 6 Lembah Gumanti terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian one shot case study. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Lembah Gumanti. Terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuis dan tes akhir. Tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes adalah r11=0,71. Teknik analisis kuis dengan melihat rata-rata kuis dan tes akhir menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis kuis didapat perkembangan hasil belajar siswa untuk pertemuan 1 dan pertemuan 3 terjadi peningkatan, pada pertemuan 2 dan pertemuan=2,694 hasil belajar siswa terjadi penurunan>. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung tabel = 1,69, sehingga thitung tabel, maka hipotesis diterima, ini berarti terdapat pengaruh hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Indeks Card Match (ICM) Disertai Kuis di kelas VIII SMPN 6 Lembah Gumanti.