Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII.2 SMPN 25 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif disertai Hollywood Squares terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII.2. Jenis penelitian pra-eksperimen dengan rancangan one shoot case study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 25 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes r11 = 0,862. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis adalah uji t dua arah. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh rata-rata pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen adalah 78,27 lebih tinggi dari rata – rata sebelum perlakuan yaitu 61,65. Hasil hipotesis diperoleh nilai h = 50,36 dan /2 = 2,069 yang artinya h > /2 maka, dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif disertai Hollywood Squares terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII.2 SMPN 25 Padang.