Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk MTsN Pekan Selasa Kelas VIII Kabupaten Solok Selatan

Main Author: Winda, Sasmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9766/2/10050222%20WINDA%20SASMI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9766/1/ABSTRAK%20-%202020-07-24T084727.975.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9766/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-24T084820.914.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9766/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-24T084802.417.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9766/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang tersedia yaitu bahan ajar yang masih memaparkan materi secara langsung, tanpa melibatkan siswa dalam menemukan konsep, sehingga siswa hanya menghafal konsep yang disajikan. Berhubungan dengan itu, dikembangkan bahan ajar yang melibatkan siswa secara aktif. Bahan ajar yang dikembangkan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis CTL. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analysis terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, wawancara dengan guru dan siswa serta mereviuw literatur. Tahap design yaitu merancang LKS berbasis CTL. Tahap development yaitu melakukan uji validitas LKS. Tahap implementation yaitu melakukan praktikalitas LKS dengan angket kepraktisan dan pedoman wawancara. Tahap evaluation yaitu melakukan evaluasi formatif pada pelaksanaan tahap analysis, design, development, dan implementation. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis CTL oleh validator menunjukkan bahwa LKS berbasis CTL berada pada kriteria sangat valid dengan rerata 3,3. Hasil uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis yaitu 84% dan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan LKS berbasis CTL pada kategori sangat praktis yaitu 80%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis CTL pada materi bangun ruang sisi datar sudah valid dan praktis.