Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif The Power Of Two and Four Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang rendah, kerja sama antar siswa selama pembelajaran berlangsung masih kurang serta siswa kurang berani memberikan pertanyaan atau mengungkapkan hasil pemikiran-pemikiran mengenai konsep dari materi yang dipelajari. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan hasil belajar matematika siswa dan apakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran aktif The Power Of Two and Four lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN 2 Batang Kapas. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Batang Kapas yang terdiri dari 3 kelas Tahun Pelajaran 2014/2015. Kelas XI IPA.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar matematika siswa. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas adalah 0,892. Berdasarkan hasil analisis tes akhir diketahui bahwa kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh h = 3,00 lebih besar dari ttabel = 1,67, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran aktif The Power Of Two and Four lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di SMAN 2 Batang Kapas.