Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Course Review Horay Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang
Main Author: | Widya, Ningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9763/1/08050171%20WIDYA%20NINGSIH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9763/2/ABSRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9763/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-24T083439.597.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9763/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-24T083415.526.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9763/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran matematika serta pemahaman konsep siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang masih rendah. Salah satu cara meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan metode pembelajaran Course Riview Horay. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran aktif Course Review Horay berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen. Dengan rancangan penelitian One Shot Case Study. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII2. Instrumen yang digunakan berupa tes akhir, bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan reabilitas tes adalah 0,84. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis adalah uji t dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata – rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen adalah 58,58 lebih tinggi dari rata – rata sebelum perlakuan yaitu = 51,56. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 0,59 lebih kecil dari ttabel =1,96 karena –ttabel < thitung < ttabel maka terima H 0. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif Course Review Horay tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII2 MTsN Durian Tarung Padang.