Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang rendah dan banyak siswa yang kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan strategi aktif tipe Prediction Guide berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 20 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan one shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 20 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang mengandung indikator pemahaman konsep dan penilaian berdasarkan rubrik analitik. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas soal adalah 0,8927. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data, dapat dilihat perkembangan pemahaman konsep matematis siswa meningkat pada setiap pertemuan. Dan hasil dari uji hipotesis diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,417. Nilai ini lebih besar dari t-tabel yaitu 2,056, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Srategi Aktif Tipe Prediction Guide Berpengaruh Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 20 Padang”.