Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan Model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematis siswa di kelas VIII SMPN 4 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah Preeksperimen, dengan rancangan p enelitian One Shot Case Study. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian adalah tes hasil belajar matematis berupa tes akhir.Tes berbentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 8+++態 .Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. 怠怠 Berdasarkan nilai tes akhir matematika堅噺 siswaど┸ぱねね pada kelas sampel diperoleh ratarata kelas eksperimen = 71,4. Dari teknik analisi s data dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung = 15,16 dan ttabel= 2,09. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 RanahPesisir.