Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Pembelajaran Matematika untuk Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMPN I Koto Balingka
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran siswa hanya menggunakan satu buku dan belum menjadikan siswa belajar mandiri serta siswa belum mampu mengkonstruksikan pemikiran yang dimiliki. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan solusi perbaikan kualitas dalam proses pembelajaran dengan menyediakan fasilitas pembelajaran berupa modul matematika yang mampu mengkonstruksi pemikiran siswa serta memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul berbasis konstruktivisme pada pembelajaran matematika untuk materi bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX SMPN I Koto Balingka. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Analysis terdiri dari analisis kinerja, silabus, buku teks, literatur, karakteristik siswa, dan wawancara dengan guru dan siswa. Design yaitu merancang modul berbasis konstruktivisme. Development yaitu mengembangkan modul dan dilakukan uji validitas. Implementation yaitu melakukan praktikalitas modul dengan angket kepraktisan dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Evaluation formatif dilakukan dengan cara memperbaiki proses pembelajaran. Hasil uji validitas modul Berbasis Konstruktivisme oleh validator menunjukkan bahwa modul ini pada kriteria valid yaitu 3,21. Hasil uji praktikalitas modul ini oleh guru menunjukkan bahwa modul ini pada kriteria sangat praktis yaitu 83,65% dan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan bahwa modul ini pada kriteria sangat praktis yaitu 92,01%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul berbasis konstruktivisme pada pembelajaran matematika untuk materi bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX SMPN I Koto Balingka valid dan sangat praktis.