Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe QUESTION STUDENT HAVE Disertai Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Palangki Kabupaten Sijunjung
Main Author: | Welly, Novriyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9757/1/10050081%20WELLY%20NOVRIYANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9757/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T150904.554.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9757/3/BAB%20V%20-%202020-07-23T150930.183.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9757/4/KEPUSTAKAAN%20%2889%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9757/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, terlihat pada hasil belajar matematika kelas VIII MTsN Palangki kabupaten Sijunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Palangki kabupaten Sijunjung yang menggunakan strategi pemebelajaran aktif tipe Question Student Have disertai pendekatan saintifik lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Palangki yang terdiri dari enam kelas. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak, sehingga terpilih kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis. instrumen yang digunakan adalah soal tes yang reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung 2,10 dan ttabel 1,668. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Palangki kabupaten Sijunjung.