Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, dan siswa tidak mengetahui tugas dan tanggung jawab dalam kelompok. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan melaksanakan pembelajaran Kooperatif Teknik Structured Numbered Heads dan Numbered Heads. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Structured Numbered Heads dan Numbered Heads siswa kelas VIII SMPN 18 Padang . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 18 Padang Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, yang terpilih sebagai kelas sampel 4sebagai kelas eksperimen I dan VIII5 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini tes akhir hasil belajar dengan indikator pemahaman konsep matematis siswa . Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen I adalah 75,11, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah 60,79. Pengujian hipotesis digunakan uji-t dua pihak yang diterima pada tingkat kepercayaan 95%, sehingga diperoleh P-value 0,014 maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Structured Numbered Heads berbeda dengan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads kelas VIII SMPN 18 Padang.