Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan StrategiLearning Starts With A Question (LSQ) dan Questions Students Have (QSH) di Kelas VIII SMPN I Talamau Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Wadhulli, Jannati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9754/1/09050153%20WADHATULLI%20JANNATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9754/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T150455.156.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9754/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T150601.892.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9754/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T150544.181.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9754/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dan siswa tidak berani bertanya maupun mengeluarkan pendapat tentang materi pelajaran yang belum dipahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapatperbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi Learning Starts With A Question (LSQ) dan Questions Students Have (QSH) di kelas VIII SMPN 1 Talamau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan RandomizedPosttest-Only Comparasion Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Talamau yang terdaftar pada tahun 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel adalah Random Sampling (secara acak) dan terpilih kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian adalah tes akhir belajar dalam bentuk esai yang mengandung indikator pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes 11 adalah sebesar 0,882. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari uji hipotesis diperoleh nilai thitung sama dengan 2,80 dan sama dengan 2,028, maka hipotesis pada penelitian ini diterima karena lebih besar dari , sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan Strategi Learning Starts With A Question (LSQ) dan Questions Students Have (QSH) di Kelas VIII SMPN I Talamau Kabupaten Pasaman Barat.