Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai

Main Author: Tommi, Winardi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9751/1/09050189%20TOMMY%20WINARDI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9751/2/ABSTRAK1%20%2856%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9751/4/BAB%20V%20-%202020-07-23T150053.434.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9751/3/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN%20%2817%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9751/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Sikakap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran aktif tipe Group to Group berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Sikakap. Jenis penelitian adalah penelitian pra-eksperimen, dengan rancangan penelitian pre-test and post-test. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII MTsN Sikakap pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII1. Instumen penelitian adalah tes pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian yang divaliditas oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,18 dan = 1,717. Hipotesis diterima karena > , sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Sikakap pembelajaran aktif tipe Group to Group .