Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Kuranji Padang
Main Author: | Sucy, Gusman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9747/1/10050227%20SUCY%20GUSMAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9747/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T145433.661.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9747/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T145516.354.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9747/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T145500.568.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9747/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang telah terbiasa berbagi pengetahuan namun belum mencapai hasil yang maksimal dan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah strategi belajar aktif tipe Active Knowledge Sharing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penlitian adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas kecuai kelas VIII.1 karena merupakan kelas unggul. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas VIII9. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dengan soal berbentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 0,842. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data, dapat dilihat perkembangan pemahaman konsep matematis siswa meningkat pada setiap pertemuan. Dari uji hipotesis diperoleh rata-rata nilai awal adalah 51,56 dan rata-rata nilai tes akhir 79,30, sehingga hipotesis yang diajukan diterima pemahaman konsep matematis siswa pada kelas sampel meningkat dari nilai awal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi belajar aktif tipe Active Knowledge Sharing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang.