Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Macth mempengaruhi pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 2 LengayangTahunPelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen, dengan rancangan penelitian pre-tes and post-test group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 LengayangTahunPelajaran 2014/2015 yang berjumlah enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas VIIIC. Instrumen penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis siswa yaitu Pre-Test dan Post-test dengan soal berbentuk esai. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan diperoleh thitung = 20,93 dan tα/2 = 1,70 dengan α = 0,05. Jadi thitung> tα/2 Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Straegi Aktif tipe Index Card Macth terhadap pamahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Lengayang.