Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketersediaan bahan ajar yang masih memaparkan materi secara langsung, tanpa melibatkan siswa dalam menemukan konsep, sehingga siswa hanya menghafal konsep yang disajikan. Berhubungan dengan itu, dikembangkan bahan ajar yang melibatkan siswa secara aktif. Bahan ajar yang dikembangkan adalah modul berbasis matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis matematika realistik yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Rancangan penelitian yang digunakana dalah menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun tahap yang dilalui pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (develop). Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, review literatur, analisis karakteristik siswa, wawancara dengan guru dan siswa. Tahap design adalah merancang modul berbasis matematika realistik. Tahap develop terdiri dari validasi modul dan uji praktikalitas modul. Validasi modul dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu satu orang dosen matematika STKIP PGRI Padang dan satu orang guru matematika dan Bahasa Indonesia SMPN 03 Lengayang. Sedangkan untuk melihat praktikalitas modul yang dikembangkan dengan cara melakukan uji-coba terbatas kepada enam orang siswa dan dua orang guru matematika SMPN 03 Lengayang. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif dengan hasil validasi sangat valid. Setelah diperoleh modul yang valid kemudian modul diuji coba. Hasil analisis data uji coba menunjukkan modul sangat praktis. Ini berarti modul berbasis matematika realistik untuk materi bilangan bulat pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan telah valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar.