Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Aritmetika Sosial untuk Siswa Kelas VII SMPN 4 Pasaman
Main Author: | Siti, Halimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9742/2/10050151%20SITI%20HALIMAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9742/1/ABSTRAK%20-%202020-07-23T144617.436.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9742/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T144658.881.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9742/4/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN%20%2816%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9742/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran bahan ajar dalam pembelajaran. Bahan ajar yang diharapkan yaitu bahan ajar yang mampu mendorong siswa untuk dapat berpikir kritis dan melakukan pemecahan masalah secara mandiri. Keterbatasan buku teks memfasilitasi siswa dalam belajar mengakibatkan siswa bergantung pada penjelasan yang diberikan guru sehingga siswa tidak dapat belajar mandiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan bahan ajar berupa modul berbasis PBL untuk materi Aritmetika Sosial bertujuan untuk menyediakan bahan ajar yang mampu mendorong siswa agar dapat berpikir kritis dan melakukan pemecahan masalah secara mandiri. Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan modul berbasis PBL yang valid dan praktis pada materi Arimetika Sosial untuk siswa kelas VII SMPN 4 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop dan dessiminate. Tahap define terdiri dari analisis silabus, buku teks, karakteristik siswa, literatur dan wawancara dengan guru dan siswa. Tahap design yaitu merancang modul berbasis PBL. Tahap develop yaitu mengembangkan modul dan dilakukan uji validitas oleh 3 validator. Tahap praktikalitas yaitu menyebarkan angket kepraktisan dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas modul berbasis PBL oleh validator menunjukan modul berbasis PBL pada kriteria sangat valid dengan nilai akhir 83,33%. Hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan modul berbasis PBL pada kriteria sangat praktis dengan nilai akhir praktikalitas adalah 83,06% dan praktikalitas dengan guru pada kriteria sangat praktis dengan nilai akhir 82,50%. Dapat disimpulkan bahwa modul berbasis PBL pada materi Aritmetika Sosial telah valid dan praktis.