Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) Dan Tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pulau Punjung

Main Author: Silvia, Arifda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9740/4/08050302%20SILVIA%20ARIFDA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9740/1/ABSTRAK%20-%202020-07-23T144400.033.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9740/2/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T144447.437.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9740/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T144428.689.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9740/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah di SMPN 1 Pulau Punjung, kerjasama antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung masih kurang serta siswa kurang berani memberikan pertanyaan atau mengungkapkan pendapat mengenai materi yang akan dipelajari.Penelitian bertujuan untuk mengetahuiapakah terdapat perbedaan hasil belajar matematikamenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dan tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas VIII SMPN 1 Pulau Punjung. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian adalah Random Post Test Only Comparidon Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pulau Punjung yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih untuk kelas sampel adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII.2 kelas Eksperimen II. Instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan Reliabilitas tes adalah = 0,894. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t pada = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi −normal. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,078, = 1,998 atau = - 1,998 maka – 1,998 < 2,078 > 1,998 jadi tolak H0 ini berarti terima H1, maka hipotesis penelitian ini diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswamenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square(TPSq) dan tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas VIII SMPN 1 Pulau Punjung.