Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa belum mau berpatisipasi dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat dalam proses pembelajaran serta pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing disertai kuis lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuis dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk esai dengan reliabilitas tes adalah = 0,772. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu arah dan diperoleh thitung = 7,01 dan ttabel = 1,671 dengan α = 0,05. Jadi thitung > ttabel. Sehingga disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Padang.