Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, dapat dilihat dari persentase ketuntasan nilai ujian akhir semester I matematika siswa kelas VII SMPN 1 Rao. Hal ini disebabkan karena siswa kurang terbiasa menggungkapkan ide dan gagasan yang dimiliki mengenai konsep yang belum dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer (GQGA) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMPN 1 Rao. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan rancangan penelitian Random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Rao yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII.7 dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer dan kelas VII.6 dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk esai dengan reliabilitas tes adalah = 0,84. Rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen 62,25 dan rata-rata pada kelas kontrol 47,22. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil deskripsi data dan analisis data, dapat dilihat hasil tes akhir matematika kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, siswa sudah terbiasa mengungkapkan ide dan gagasan yang dimiliki mengenai konsep yang belum dipahami melalui kartu indeks. Dan hasil analisis data diketahui kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata α = 0,05 dan hasil uji hipotesis diperoleh P-value = 0,018 artinya lebih kecil dari α = 0,05, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer (GQGA) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMPN 1 Rao.