Perbedaan Hasil Belajar Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Dan Peer Lesson Dengan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang
Main Author: | Selfi, Eriesti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9736/1/10050013%20SELFI%20ERIESTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9736/2/ABSTRAK1%20%2854%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9736/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T144005.030.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9736/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T143948.934.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9736/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 20 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Group To Group dan Peer Lesson pada siswa kelas VIII SMPN 20 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 20 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas kecuali kelas VIII.1. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah: 0,841. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak pada = 0,05 dengan bantuan software Minitab. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh uji hipotesis P-Value = 0,032 artinya lebih kecil dari = 0,05, maka hipotesis penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Group To Group dan Peer Lesson pada siswa kelas VIII SMPN 20 Padang.