Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Kelas VIII SMPN 19 Padang

Main Author: Sari, Septiani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9734/1/10050234%20SARI%20SEPTIANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9734/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T143405.051.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9734/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T143453.875.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9734/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T143435.650.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9734/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih kurangnya pelaksanaan pembelajaran secara berkelompok dan hasil belajar matematika siswa masih rendah. Untuk mengatasinya diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pebelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one shoot case study. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 19 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling), yang terpilih sebagai kelas sampel kelas VIII.5 sebagai kelas sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan berbentuk essai dengan reliabilitas tes 0,85. Pengujian hipotesis yang digunakan uji-t . Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan hasil tes akhir hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 85,00 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai MID semester 1 yaitu 55,29. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua pihak, diperoleh thitung = 6,73 dan ttabel = 2,05. Karena t > t maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 19 Padang.