Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang diharapkan yaitu bahan ajar yang dapat mengkostruksi pengetahuan dan keterampilan baru siswa dari pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Sedangkan buku teks yang ada di sekolah belum sepenuhnya mengkontruksi pengetahuan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul berbasis kontruktivisme pada materi eksponen di MAN Salido Kabupaten Pesisir Selatan Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini tahap penelitian terbatas sampai tahap Development yaitu tahap validitas dan pratikalitas. Modul yang divalidasi oleh 4 validator dengan kriteria valid dengan rerata 3,15. Sedangkan uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis yaitu 90,625% dan hasil uji praktikalitas oleh siswa kriteria sangat praktis yaitu 89,31%. Dapat disimpulkan bahwa modul berbasis kontruktivisme pada materi eksponen sudah valid dan sangat praktis.