Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Kontruktivisme Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Siswa Kelas IX SMPN 35 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku paket yang digunakan guru dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang ada belum menfasilitasi siswa dalam mengkontruksi pikirannya dalam belajar, sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS matematika berbasis kontruktivisme yang valid dan praktis pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa kelas IX SMPN 35 Padang. Prosedur pengembangan LKS menggunakan model IDI (instructional development institute) yang terdiri dari tiga tahap yaitu : pertama tahap penentuan (define), pada tahap ini dilakukan identifikasi masalah, analisis setting dan pengelolaan. Kedua tahap pengembangan (develop), pada tahap ini LKS divalidasi oleh empat orang validator yaitu satu orang dosen matematika, satu orang guru matematika SMPN 35 Padang, satu orang guru bahasa Indonesia SMPN 35 Padang dan satu orang dosen bahasa Indonesia sehingga dihasilkan LKS matematika yang valid. Ketiga tahap penilaian (evaluation), pada tahap ini diadakan uji coba terbatas terhadap 6 orang siswa SMPN 35 Padang dan 1 orang guru matematika SMPN 35 Padang. Berdasarkan prosedur pengembangan yang dilakukan LKS matematika berbasis kontruktivisme pada materi bangun ruang sisi lengkung telah valid dan praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah diperoleh LKS matematika berbasis kontruktivisme pada materi bangun ruang sisi lengkung yang valid dan praktis untuk siswa SMPN 35 Padang.