Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif teknik Bertukar Pasangan dan teknik Berpikir Berpasangan Berempat Kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa rendah. Hal ini diakibatkan oleh proses pembelajaran hanya satu arah yaitu interaksi guru dengan siswa dan interaksi siswa dengan siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif teknik Bertukar Pasangan dan teknik Berpikir Berpasangan Berempat Kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni, dengan rancangan penelitian Ramdomized Post Test Only Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random terhadap subjek, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas VIII.5 sebagai=kelas eksperimen I dan kelas VIII.3 sebagai eksperimen II. Instrumen penelitian adalah tes akhir berbentuk esay yang berjumlah 6 soal adalah reliabilitas dengan 0,349 dan r11 = 0,83. Hasil tes belajar Matematika siswa kelas eksperimen I rata-rata adalah 84,13 dengan simpangan baku 7,21 dan kelas eksperimen II rata-rata adalah 72,8 dengan simpangan baku 21,5. Hasil dari uji hipotesis diperoleh P-value 0,016 lebih kecil dari taraf nyata = 0,05 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif teknik Bertukar Pasangan dan teknik Berpikir Berpasangan Berempat Kelas VIII SMPN 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.