Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 4 Pasaman
Main Author: | Rina, Rina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9729/2/10050152%20RINA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9729/1/ABSTRAK%20-%202020-07-23T142736.440.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9729/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T142820.593.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9729/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T142803.486.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9729/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM dan sikap siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini yaitu:1)Untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa pada aspek kognitif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional. 2)Untuk mengetahui sikap siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 4 Pasaman Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dalam bentuk esai yang reliabel. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Instrumen sikap berbentuk lembar observasi yang diamati pada setiap pertemuan. Teknik analisis Data penilaian sikap dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh h = 1,7726 lebih besar dari = 1,682. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu hasil belajar matematika siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Saintifik lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis data penilaian sikap siswa bahwa persentase sikap siswa mengalami peningkatan setiap pertemuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap siswa kelas VII SMPN 4 Pasaman mengalami peningkat setiap pertemuan.