Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa tanggung jawab siswa masih kurang terhadap materi yang sudah dipelajari dalam proses pembelajaran matematika sehingga menyebabkan pemahaman konsep matematis siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan rancangan penelitian Pre-Test and Post-Test Group. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Padang. Instrumen dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test dalam bentuk soal esai yang digunakan untuk melihat pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pre-test pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen = 21,64 dan rata-rata nilai post-test pemahaman konsep matematis siswa pada pada kelas eksperimen = 82,63. Dari uji hipotesis diperoleh 16,14 yang besar dari 2,056 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team terhadap pemahaman konsep matematis siswa.