Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Trading Places Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak terbiasanya siswa berbagi ilmu pengetahuan dengan temannya serta rendahnya pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi belajar aktif tipe Trading Places berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas VIII.4. Instrumen penelitian adalah kuis dan tes akhir, tes akhir berbentuk esay dengan reliabilitas tes adalah 0,8436. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data kuis diketahui pemahaman konsep matematis siswa meningkat pada setiap pertemuan. Diperoleh rata-rata nilai akhir 74,84 dan rata-rata nilai awal 54,46. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Strategi Belajar Aktif Tipe Trading Places berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.