Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang belum memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri dan membangun konsep sendiri. Bahan ajar yang ada belum memuat masalah konteks yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, dikembangkan bahan ajar berupa modul realistik pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini tahap penelititian dibatasi sampai tahap develop yaitu tahap validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada 4 validator untuk melihat materi/isi, penyajian, bahasa, serta kegrafikaan. Uji praktikalitas diuji cobakan pada 2 orang guru dan 6 orang siswa dengan menggunakan angket dan pedoman wawancara untuk melihat kemudahan penggunaan, waktu, mudah diinterpretasikan, dan memiliki ekivalensi yang sama. Hasil validitas modul berbasis realistik secara keseluruhan menunjukkan modul berbasis realistik sangat valid yaitu 90,36%. Hasil Praktikalitas modul terhadap guru secara keseluruhan menujukkan modul sangat praktis yaitu 87%. Hasil Praktikalitas modul terhadap siswa secara keseluruhan menujukkan modul sangat praktis yaitu 99%. Dapat disimpulkan bahwa modul berbasis realistik pada materi aritmetika sosial sudah valid dan praktis.