Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Questions and Getting Answers Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa kurang aktif bertanya tentang materi yang belum dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answers lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Simpang Empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Simpang Empat. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas sampel VIIIB dan VIIID. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep dalam bentuk esai, dengan reliabilitas tes 11 = 0,949. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil tes akhir pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen 67,454 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 56,135. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak dengan bantuan MINITAB, diperoleh P-value sebesar 0,014 lebih kecil dari α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answers lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsN Simpang Empat.