Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Review terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa beranggapan pelajaran matematika sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Kinali. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Kinali yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI TKJ 2 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas XI TKJ 4. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pemahaman konsep matematis dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 11 = 0,769 pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf nyata = 0,05. Hasil dari uji hipotesis diperoleh = 2,107 dan = 1,675 artinya maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Kinali.