Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Dua Tinggal Dua Tamu dan Bertukar PasanganSiswa Kelas VIII SMPN 14 Padang
Main Author: | Ratna, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9716/1/10050138%20RATNA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9716/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T141144.973.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9716/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T141246.656.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9716/4/KEPUSTAKAAN%20%2888%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9716/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum mau bekerjasama dalam proses pembelajaran serta pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Dua Tinggal Dua Tamu dan Bertukar Pasangan di kelas VIII SMPN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan rancangan Randomized Post Test Only Comparison Group Desaign. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 14 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel pada penelitian ini adalah kelasVIII.4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dan reliabilitas tes 11 = 0,68. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui rata-rata pada kelas eksperimen I adalah 72,32 dan rata-rata pada kelas eksperimen II adalah 59,875. Data tes berdistribusi normal dan homogeny pada taraf nyata α = 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh P-value samad engan 0,037 yang lebih kecil dari α = 0,05, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Dua Tinggal Dua Tamu dan Bertukar Pasangan siswa kelas VIII SMPN 14 Padang. Sedangkan untuk bekerjasama, hasil penelitian menunjukkan siswa sudah mampu bekerjasama dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Siswa sudah bisa untuk saling berbagi informasi dengan teman kelompoknya maupun dengan teman dari kelompk lain.