Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Lingkaran Untuk Kelas XI IPA SMAN 12 Sijunjung
Daftar Isi:
- Pada pembelajaran matematika, siswa hanya mengandalkan satu buku teks sebagai buku pegangan pada proses pembelajaran. Namun, buku teks tersebut masih sulit dipahami khususnya bagi siswa kelas XI IPA pada materi Lingkaran. Buku teks tersebut juga belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mandiri dalam memahami konsep. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah bahan ajar berupa modul yang dapat membatu siswa belajar mandiri dalam memahami konsep dan menggunakan konsep tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang lainnya. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analized (Analisis), Design (perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Impelentasi), dan Evaluation (evaluasi). Tahap analisis terdiri dari; wawancara dengan guru dan siswa serta mereviuw literatur, analisis silabus dan analisis buku teks. Tahap perancangan yaitu merancang modul berbasis penemuan terbimbing. Tahap pengembangan yaitu melakukan uji validitas modul. Tahap implementasi yaitu melakukan praktikalitas modul dengan angket kepraktisan dan pedoman wawancara. Tahap evaluasi yaitu melakukan evaluasi formatif pada pelaksanaan tahap tahap sebelumnya. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas modul berbasis penemuan terbimbing oleh validator menunjukkan bahwa modul ini sangat valid yaitu 3,83 dan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan modul berbasis penemuan terbimbing pada kategori sangat praktis yaitu 98,33%. Dapat disimpulkan bahwa modul ini dapat diterapkan untuk kelas XI IPA SMAN 12 Sijunjung.