Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang termotivasi dalam belajar matematika dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan Metode Pembelajaran Aktif Course Review Horay lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VII MTsN Durian tarung padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Durian tarung Padang yang terdiri dari empat kelas tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan VII4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan=0,81 dalam penelitian ini adalah tes dengan indikator pemahaman konsep matematis. Tes yang digunakan dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak dengan bantuan Software Minitab. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata α = 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh P-value = 0,0265 lebih kecil dari α = 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan metode pembelajaran akif course review horay lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VII MTsN Durian tarung Padang tahun pelajaran 2014/2015.