Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe THINK PAIR SHARE Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi oleh siswa yang tidak terbiasa berdiskusi dengan teman dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian One Shot Case Study. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas sampel adalah VIII sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian adalah tes pemahaman konsep matematis berupa tes akhir. Tes berbentuk esai dengan reliabilitas tes adalah = 0,95.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan nilai tes akhir matematika siswa pada kelas sampel diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 74,31. Dari teknik analisis data dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung = 4,85 dan ttabel = 2,056. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang.