Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang terlalu bergantung pada penjelasan guru dan pentingnya bahan ajar dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan bahan ajar berupa LKS berbasis realistik untuk materi aritmetika sosial yang bertujuan untuk menyediakan bahan ajar yang bisa melatih siswa untuk terbiasa menyumbangkan idenya dalam pembelajaran serta membentuk pengetahuan berdasarkan pengalaman-pengalaman siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS berbasis realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model IDI. Model IDI terdiri dari 3 tahap yaitu define, develop dan evaluate. Tahap define terdiri dari identifikasi masalah, analisis latar, pengelolaan. Tahap develop yaitu mengembangkan LKS yang terdiri dari identifikasi tujuan akhir, menentukan metode, buat prototipe dan juga validasi dengan 3 orang validator. Tahap evaluate yaitu uji coba LKS dengan menyebarkan angket kepraktisan dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis realistik oleh validator menunjukkan bahwa LKS berbasis realistik pada kriteria sangat valid yaitu rerata 3,37. Hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan LKS berbasis realistik pada kategori sangat praktis yaitu 90,90% dan hasil uji praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis yaitu 82,14%. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis realistik pada materi aritmetika sosial sudah valid dan praktis.