Pengembangan LKS Berbasis Kontekstual untuk Materi Segiempat dan Segitiga Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Lakitan Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Pada pembelajaran matematika, siswa hanya mengandalkan buku teks sebagai buku pegangan pada proses pembelajaran. Namun, buku teks tersebut masih sulit dipahami, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal khususnya bagi siswa kelas VII pada materi segi empat dan segitiga. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah bahan ajar berupa LKS yang dapat membantu siswa untuk menenemukan konsep dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna serta dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE tahap ADDIE terdiri dari tahap Analisis (analysis), Desain (design), Pengembangan (develop), Implementasi implementation) dan Evaluasi (evaluation). Pada penelitian ini tahap penelitian terbatas pada tahap develop saja yaitu tahap validitas tahap praktikalitas. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada 3 orang validator (yaitu pakar materi, pakar bahasa, pakar pendidkan) untuk melihat kelayakan isi, penyajian serta bahasa dan keterbacaan. Uji praktikalitas diujikan pada 2 orang guru dan 6 orang siswa dengan menggunakan angket dan pedoman wawancara untuk melihat kemudahan, waktu dan isi LKS. Uji validitas pada aspek kelayakan isi yaitu 3,1; aspek penyajian 3,5 dan aspek bahasa dan keterbacaan 3,1. Hasil validitas LKS berbasis kontekstual secara keseluruhan dengan rerata 3,2 menunjukkan LKS berbasis kontekstual valid. Uji praktikalitas yang dilakukan kepada guru menunjukkan LKS sudah sangat praktis pada indikator materi 93,75%, penyajian 91,67% dan dikategorikan praktis pada indikator waktu75%. uji praktikalitas pada siswa menunjukkan LKS berbasis kontekstual sangat praktis pada semua indikator yaitu pada indikator materi 87,5%, pada indikator waktu 79,2% dan pada indikator penyajian 87,5%.