Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis realistik pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel pada pembelajaran matematika di Kelas VII SMP Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang belum memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep sendiri, sehingga siswa hanya menghafal konsep yang disajikan. Berhubungan dengan itu, dikembangkan bahan ajar yang melibatkan siswa secara aktif menemukan konsep dan berlatih soal-soal. Bahan ajar yang dikembangkan adalah LKS berbasis realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS berbasis realistik. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu, tahap analisis(Analyze), tahap desain (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap implementasi (Implement) dan tahap evaluasi (Evaluate). Pada penelitian ini tahap penelitian terbatas sampai tahap develop saja yaitu tahap pratikalitas. Tahap analyze terdiri dari analisis silabus, analisis bahan ajar, analisis karakteristik siswa, analisis literatur dan wawancara dengan guru. Tahap design terdiri dari menyusun isi LKS, dan menentukan format. Tahap develop terdiri dari tahap perancangan produk, dan validasi produk. Validasi produk dilakukan oleh 3 orang validator dan untuk melihat praktikalitas LKS yang dikembangkan dengan cara melakukan uji-coba terbatas. Hasil validitas LKS berbasis realistik pada kriteria sangat valid dengan rata-rata keseluruhan 3,2. Sedangkan uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan LKS berbasis realistik pada kriteria 87,5% dan uji praktikalitas oleh guru menunjukkan LKS berbasis realistik pada kriteria 96% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis realistik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel sudah sangat valid dan sangat praktis.