Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas IX SMPN 1 Koto XI Tarusan yang masih rendah. Hal ini diperkirakan karena proses pembelajaran masih terpusat pada guru, siswa tidak dibiasakan berdiskusi, dan siswa suka menyalin pekerjaan teman. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas IX SMPN 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas yang terpilih adalah kelas IX.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dengan indikator pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak dengan MINITAB. Berdasarkan hasil analisis data diketahui kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata α = (0,05) dan hasil uji hipotesis diperoleh P-value = 0,000 , maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas IX SMPN 1 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2014/2015.