Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Dua Tinggal Dua Tamu berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 2 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental, dengan rancangan penelitian one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Ranah pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Kelas sampel adalah kelas VIII.2. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes adalah 0,83. Kuis dianalisis dengan melihat rata-rata setiap pertemuan. sedangkan data dianalisis dengan uji t dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata pemahaman konsep siswa setelah perlakuan adalah 85.82 lebih tinggi dari rata-rata sebelum perlakuan yaitu 59.78. Hasil hipotesis diperoleh nilai = 8,599 lebih besar dari = 1,999 jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif teknik Dua Tinggal Dua Tamu Disertai Kuis berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Ranah pesisir.